Pemerintahan

Lima Kecamatan di Trenggalek Menyusul Pembelajaran Tatap Muka

Diterbitkan

-

PENINJAUN : Bupati Trenggalek Gus Ipin saat meninjau SMP di Kecamatan Watulimo yang mulai melakukan pembelajaran tatap muka ditengah pandemi.

Usai Diujicobakan di Watulimo

Memontum Trenggalek – Pasca dilakukan uji coba pembelajaran tatap muka di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Watulimo, 5 Kecamatan lain di kota Keripik Tempe juga akan menerapkan pembelajaran tatap muka ditengah masa pandemi Covid-19. Pemberlakuan pembelajaran tatap muka di 5 Kecamatan ini merupakan daerah yang masuk zona hijau atau zona kuning Covid-19.

Seperti yang diketahui, di pertengahan bulan Agustus kemarin, 4 SMP di Kecamatan Watulimo sudah terlebih dahulu memulai pembelajaran tatap muka. Pemberlakuan ini tentu dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ada.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, BupatiTrenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan jika akan ada penambahan 5 Kecamatan yang akan menerapkan pembelajaran tatap muka.

“Sesuai hasil evaluasi pasca pemberlakuan pembelajaran tatap muka di Kecamatan Watulimo, nanti akan ada 5 Kecamatan lain yang akan melakukan hal serupa. Jadi total keseluruhan akan ada 6 kecamatan di Kabupaten Trenggalek yang akan menerapkan pembelajaran sistem ini,” ucap Bupati Arifin, Rabu (02/09/2020) sore.

Dari 5 Kecamatan ini ada sebanyak 20 sekolah yang akan menggelar pembelajaran tatap muka diantaranya 5 SMP di Kecamatan Gandusari dan Kampak, 4 SMP di Kecamatan Suruh, dan 3 SMP di Kecamatan Tugu. “Jika tambahan di 5 Kecamatan ini berjalan bagus, nanti juga akan dimungkinkan akan diperluas lagi jika tidak ada cluster baru penularan Covid-19 di sekolah yang sudah dibuka,” imbuhnya.

Advertisement

Suami Novita Hardiny ini mengungkapkan, apabila pembelajaran tatap muka di tingkat SMP ini dirasa aman, pihaknya juga akan membuka pembelajaran tatap muka ditingkat Sekolah Dasar (SD) mulai dari kelas 4, 5 dan kelas 6.

Rencananya pembelajaran tatap muka di 20 SMP yang ada di 5 Kecamatan ini akan mulai dilakukan pada 7 September mendatang.

“Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah persiapan masing-masing sekolah dalam menyiapkan kebutuhan protokol kesehatan. Seperti menyiapkan tempat cuci tangan, penyemprotan desinfektan di tiap kelas, penggunaan masker, face Shield dan lain sebagainya,” jelas Bupati.

Disingung terkait SOP pembelajaran tatap muka ini, Bupati menyebut akan sama seperti yang sudah diterapkan di Kecamatan Watulimo yaitu menggunakan sistem bauran atau mix learning. “Jadi dalam 1 rombongan belajar (rombel) ada pembatasan jumlah siswa dan durasi belajar maksimal 2 jam saja. Dalam 1 rombel akan dibagi menjadi 3 kelompok yakni 10 siswa melakukan pembelajaran luring dan 20 siswa lainnya melakukan pembelajaran dirumah dengan sistem daring,” pungkasnya. (mil/syn)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas