SEKITAR KITA

Jelang Tutup Tahun 2021, Harga Cabai Rawit di Trenggalek Melambung

Diterbitkan

-

Jelang Tutup Tahun 2021, Harga Cabai Rawit di Trenggalek Melambung
NAIK: Harga cabai rawit di Pasar Trenggalek, mulai melambung naik. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Menjelang penghujung tahun 2021, harga komoditas pertanian di Kabupaten Trenggalek, yakni cabai rawit melambung naik. Dari hasil pantauan di Pasar Basah Trenggalek, selain harga cabai rawit, beberapa kebutuhan pokok lain juga mengalami kenaikan.

“Yang naik cukup tinggi adalah cabai rawit. Saat ini, harganya sudah mencapai Rp 85 ribu per kg,” ungkap salah satu pedagang, Siti Fatimah, saat dikonfirmasi Rabu (29/12/2021).

Kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang tahun baru 2022, memang terjadi hampir di seluruh daerah. Bahkan, tidak terkecuali di Kabupaten Trenggalek.

“Kalau harga cabai rawit mulai naik sejak beberapa minggu terakhir. Dan itu, kenaikannya bertahap” imbuhnya.

Baca juga :

Advertisement

Siti menjelaskan, kenaikan harga cabai rawit di awal Desember masih di kisaran Rp 25 ribu per kg. Namun, sepekan kemudian naik menjadi Rp 40 ribu sampai 60 ribu per kg. Hingga saat ini, harganya sudah tembus Rp 85 ribu per kg.

Ditanya soal minat pembeli pasca naiknya harga cabai, wanita berhijab ini menyebut, jika permintaan masyarakat pun menjadi menurun drastis. “Untuk pembelinya, ya menjadi sedikit menurun. Jika biasanya dalam sehari bisa habis 60 sampai 70 kg, pasca kenaikan hanya bisa menjual paling banyak 40 kg,” kata Siti.

Dirinya menyebut, jika kenaikan harga cabai rawit ini ditengarai akibat peralihan musim yang mengakibatkan suplay berkurang. “Mungkin masyarakat sudah paham, jika harga cabai akan naik. Jadi, mereka sudah menyiasati jauh-jauh hari sebelum harganya mahal,” paparnya. Masih terang Siti, saat harga cabai belum mahal, masyarakat utamanya penjual makanan akan menyetok dan menyimpan di lemari pendingin. Dengan begitu, cabai masih bisa lebih awet dan tahan lama. (mil/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas